Bayi Lahir Meninggal Wajib Dishalati?
Pertanyaan
Wajibkah disholati bayi yang lahir namun sudah meninggal?
Jawab
Hukum bayi yang gugur, kalau dirinci ada 3 macam, antara lain:
-
Jika bayi lahir dan sebelum meninggal nampak ciri-ciri kehidupan seperti
gerakan meronta atau menangis, maka wajib dimandikan, dikafani dan disholati
sebelum dikuburkan sebagaimana orang dewasa.
Bahkan menurut pendapat Imam Romli, jika usia kandungan sudah mencapai 6 bulan walaupun ketika lahir tidak nampak tanda kehidupan wajib dimandikan, dikafani dan disholati
-
Jika tidak nampak ciri-ciri kehidupan ketika lahir dan bentuknya sudah
sempurna seperti manusia maka hanya wajib dimandikan, dikafani, dan dikuburkan tanpa disholati.
- Jika belum nampak bentuk manusia, maka hanya sunnah dibungkus dengan kain, kemudian dikuburkan.
Dalam kitab busyrol karim, diterangkan:
ولا يصلى ايضا على السقط بتثليث اوله من السقوط، تحرم عليه الا اذا ظهرت امارات الحياة كاحتلاج اختيارى بعد انفصاله فهو كالكبير، وبالأولى ما لو علمت حياته بنحو صياح وان لم ينفصل كله، وكذا ان بلغ ستة اشهر عند م ر وان لم تظهر فيه امارة حياة،
ويغسل يكفن ويدفن وجوبا ان بلغ اربعة اشهر اى مائة وعشرون يوما، وهى حد نفخ الروح غالبا، وتحرم الصلاة عليه اذ الغسل اوسع بابا منها، اذ الذمى يغسل ولا يصلى عليه،
فان لم يبلغ الأربعة الأشهر لم يجب له شىء، وندب لفه بخرقة ودفنه،
فان ظهر خلقه قبل الأربعة على خلاف الغالب وجب له ما عدا الصلاة، او لم يظهر خلقه بعد الأربعة لم يجب له شيء
Artinya:
"Dan tidak disholatkan juga atas bayi keguguran (dengan huruf sin awalnya dari lafadz assuqut) haram hukumnya mensholatinya kecuali nampak padanya tanda-tanda kehidupan seperti bergerak yang ikhtiyari setelah lahirnya bayi tersebut, maka hukumnya seperti mayyit dewasa, dan terlebih lagi jika di yakini hidupnya seperti bersuara walaupun keadaan bersuaranya itu sebelum si bayi terlahirkan semuanya, dan demikian pula apabila usia kandungan sudah mencapai 6 bulan menurut imam romli walaupun tidak nampak padanya tanda kehidupan.
Dan wajib dimandikan, di kafankan dan dikuburkan apabila usia kandungan sudah mencapai 4 bulan, tegesnya 120 hari, dan itu adalah batas ditiupnya ruh pada umumnya dan haram mensholatinya hal ini dikarenakan memandikannya itu babnya lebih luas dari pada mensholati. karena juga bahwasanya kafir dzimmi juga dimandikan dan haram disholatkan atasnya.
jika usia kandungan belum mencapai 4 bulan, maka tidak wajib suatu apapun dan hanya di sunnahkan membungkusnya dengan kain dan menguburnya.
Apabila nampak bentuk manusia padahal usia kandungan belum 4 bulan tidak sesuai pada umumnya, maka wajib semuanya selain mensholatkan (memandikan,mengkafankan, dan menguburkan).
Dan jika tidak nampak bentuk manusia padahal usia kandungan sudah 4 bulan, maka tidak wajib suatu apapun."
Kesimpulan jawaban dari pertanyaan adalah jika terlahirkan dalam keadaan sudah tidak bernyawa, dan sudah ada bentuk manusia maka wajib dimandikan, dikafani dan dikuburkan, dan jika usia kandungan sudah mencapai 6 bulan maka wajib disholati juga menurut pendapat imam romli.
والله اعلم بالصواب
: المرجع
حاشية البيجورى
بشرى الكريم